Keindahan Pantai Pasir Timbul Raja Ampat

paket tour raja ampat

Raja ampat memang merupakan keajaiban alam yang ada di bumi Indonesia. Raja Ampat adalah kepulauan di provinsi Papua Barat, Indonesia. Kepulauan Raja Ampat memiliki 4 gugusan pulau yang berdekatan yaitu pulau Waigeo, pulau Misool, pulau Salawati dan pulau Batanta. Raja Ampat memiliki keindahan alam yang menakjubkan sehingga banyak wisatawan domestik bahkan mancanegara yang berkeinginan untuk mengunjungi wisata bahari ini. Salah satu keindahan yang dimiliki Kepulauan Raja Ampat adalah pantai pasir timbulnya. Untuk mengunjungi Raja Ampat dan menikmati keindahan dari pasir timbulnya tidak terlalu sulit namun harus memakan waktu yang cukup lama dan juga biaya yang besar. Jika ingin berwisata ke Raja Ampat anda harus menggunakan maskapai penerbangan dengan rute Jakarta atau Bali ke kota Sorong. Penerbangan ini akan memakan waktu kurang lebih 6 jam lamanya. Dari kota Sorong dengan fasilitasnya yang lumayan lengkap, anda dapat melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Waisai yang merupakan pusat kota kabupaten Raja Ampat.paket tour raja ampat

Pasir timbul di Kepulauan Raja Ampat sebenarnya merupakan hamparan pasir yang membentuk sebuah pulau kecil di tengah-tengah laut Kepulauan Raja Ampat. Keberadaan dari pasir timbul ini tergantung pada pasang surut air laut. Ketika air laut sedang pasang, pantai pasir timbul ini akan menghilang. Begitu juga sebaliknya ketika air laut sedang surut maka hamparan pasir ini akan muncul ke permukaan. Karena keunikannya yang hilang dan timbul saat pasang surut air laut, hamparan pasir ini disebut pasir timbul. Hamparan pasir timbul ini dapat disinggahi oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat. Bahkan sekarang ini banyak paket wisata yang menambahkan pasir timbul sebagai daftar tujuan destinasi mereka.

Untuk mencapai lokasi pantai pasir timbul Raja Ampat sebenarnya tidaklah terlalu jauh dari Waisai yang merupakan ibu kota Raja Ampat. Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan ke pasir timbul kurang lebih 30 menit. Anda dapat menggunakan perahu motor bermesin namun yang menjadi masalah adalah kita harus menyesuaikan kedatangan kita saat hamparan pasir tersebut sedan timbul. Biasanya para wisatawan akan berkunjung ke pasir timbul sebagai tujuan akhir setelah seharian berkeliling kawasan wisata Raja Ampat. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan pasir timbul adalah pada saat siang menjelang sore hari. Pada waktu ini air laut sedang surut dan hamparan pasir akan terlihat dengan jelas. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir putih yang membentang di tengah laut. Tidak ada tumbuhan sedikit pun di sana, hanya ada kerang-kerang kecil yang terhempas oleh ombak. Moment yang menyuguhkan keindahan ini adalah waktu yang pas untuk anda abadikan dalam foto.Hamparan pasir ini tidak begitu luas yaitu sekitar 100 atau 150 meter. Selain berfoto-foto di pasir timbul, anda juga dapat melakukan snorkeling di sana. Alangkah baiknya jika anda menggunakan jasa paket tour Raja Ampat yang sudah menjadi langganan anda sehingga anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk berlibur di raja ampat.