10 Akibat Dari Kelebihan Kafein Untuk Kesehatan

Kalian tentu sudah pernah mendengar bahwa minum kopi bisa untuk menghilangkan kantuk, hal tersebut tidak sepenuhnya keliru karena kopi sendiri mengandung kafein untuk membangkitkan semangat dan juga tenah. Namun yang menjadi pertanyaan jika kelebihan kafein maka dampaknya akan seperti apa?

Bagi yang suka minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi tentu perlu mengetahuinya sebab kelebihan zat ini juga tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar masih aman namun ketika terlalu kebanyakan akan menimbulkan efek kurang baik.

Jika selama ini kalian sering minum kopi maka bisa mengetahui beberapa efek akibat kelebihan kafein dibawah ini. Dengan ini kalian bisa mengkonsumsinya dalam taraf wajar dan meminimalisir gangguan yang mungkin terjadi di dalam tubuh.

Dapat Membuat Tidak Nyaman

Jika kamu mengkonsumsi kafein dalam jumlah sekitar 400-600mg maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh, walaupun belum termasuk overdosis namun situasi tersebut sudah masuk dalam pertanda pertama overdosis.

Membuat Kejang-Kejang

Selain tidak nyaman, efek yang timbul akibat kebanyakan kafein yakni kejang-kejang. Hal ini memang cukup mengerikan terlebih jika terlalu banyak mengkonsumsinya, oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi dalam jumlah wajar.

Mengakibatkan Kerusakan Saraf

Kafein merupakan zat yang memiliki efek terhadap hormon adenosine di dalam otak, oleh karena itu saat minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi maka akan membuat terjaga dalam dosis normal, namun saat kelebihan maka efeknya bisa menjalar ke saraf dan mengkibatkan kerusakan.

Mengakibatkan Kedutan

Tentu banyak dari kita pernah merasakan kedutan. Kelebihan kafein bisa membuat otot akan bekerja lebih dan menimbulkan kedutan di bagian tubuh tertentu. Walaupun saat ini masih banyak yang percaya akan arti kedutan dari seseorang yang mengalaminya tetapi kedutan ini juga bisa timbul akibat kafein yang dikonsumsi secara berlebih.

Resiko Terkena Kanker

Ada sebuah penelitian pada binatang yang membuktikan jika kafein bisa mempengaruhi kadar testosteron dan juga estrogen, karena itu bisa menimbulkan efek terkena kanker apabila mengkonsumsinya terlalu banyak.

Kesulitan Dalam Bernafas

Mungkin banyak juga yang belum tahu bahwa kelebihan zat ini juga bisa mengakibatkan kesulitan saat bernafas. Bahkan hal tersebut akan semakin parah jika memiliki riwayat sakit asma atau gangguan pernafasan lainnya.

Jantung Berdebar-Debar

Jantung berbedar karena kelebihan zat kafein berbeda dengan jantung yang berdebar ketika melihat seseorang yang disukai. Dalam hal ini efeknya lebih ke kesehatan jantung yang tentunya bisa menimbulkan dampak lainnya.

Dehidrasi Pada Tubuh

Banyak mengkonsumsi kopi bisa membuat sering buang air kecil, hal tersebut berdampak pada cairan tubuh yang berkurang. Jika seseorang kekurangan cairan tubuh maka akan mengakibatkan dehidrasi.

Mual atau Muntah-Muntah

Mungkin pernah kalian rasakan saat minum kopi kemudian merasa mual bahkan sampai muntah-muntah, hal ini juga efek dari kandungan kopi termasuk kafein yang ada di dalamnya. Apalagi yang memiliki riwayat gangguan lambung biasanya tidak kuat jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Menyebabkan Kematian

Efek yang paling menakutkan yaitu bisa menimbulkan kematian. Hal ini bisa terjadi jika mencampurkan kafein dengan minuman lain seperti minuman berenergi. Dampak akan hal tersebut bisa overdosis atau yang paling parahnya bisa mengakibatkan kematian.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan kafein, jika selama ini kalian banyak atau sering sekali minum minuman yang mengandung kafein maka bisa menguranginya untuk meminimalisir terjadinya efek setelah banyak mengkonsumsinya.